Cara Membedakan Verb -Ing Gerund Dengan Verb -Ing Adjective

Saat kita memakai kalimat dalam bentuk Continuous atau Progressive yang bermakna bahwa acara tersebut sedang dilakukan, kita tidak harus mencari kata "sedang" dalam kamus untuk menambahakan makna bahwa pekerjaan tersebut sedang dilakukan, alasannya yaitu dalam Bahasa Inggris penggunaan akhiran  -ing sehabis Verb (kata kerja) bermakna sedang.


Contoh:

I am writing an article.
(Aku sedang menulis sebuah artikel)

Kata "writing" dalam pola kalimat di atas berasal dari kata "Write" + ing yang bermakna sedang menulis.
Bentuk Verb -ing ibarat pola di atas merupakan bab dari bentuk Continuous tense itu sendiri dan juga sekaligus sebagai Gerund.

Artikel terkait:



 Saat kita memakai kalimat dalam bentuk Continuous atau Progressive yang bermakna bahw Cara Membedakan Verb  -ing Gerund dengan Verb -ing Adjective



Akan tetapi tidak semua Verb (kata kerja) yang ditambahkan akhiran -ing akan otomatis menjadi Gerund, alasannya yaitu ada beberapa Verb (kata kerja) yang apabila ditambahkan akhiran -ing berkembang menjadi Adjective (kata sifat).

Postingan ini bertujuan untuk membedakan Verb (kata kerja) yang berkembang menjadi bentuk Gerund / bentuk Adjective sehabis ditambahkan akhiran -ing.

Kata kerja (Verb) yang apabila ditambahkan akhiran -ing menjadi Gerund yaitu jenis kata kerja aktif / Action Verb.
Action Verb sendiri yaitu kata kerja yang bermakna sebuah acara atau pekerjaan yang nampak secara fisik.

Contoh:

Swim (Berenang)

I love swimming in the river.
(Aku suka berenang di sungai)

I am swimming in the river.
(Aku sedang berenang di sungai)


Drive (Mengemudi)

Driving car is not easy.
(Mengemudi kendaraan beroda empat tidak mudah)

My father is driving his car to the office.
(Ayahku sedang mengemudi mobilnya menuju ke kantor)


Play (Bermain)

Playing piano makes me relax.
(Bermain piano membuatku rileks)

I am playing piano this moment.
(Aku sedang bermain piano ketika ini)


Dari ketiga pola kata kerja di atas; Swim, Drive, Play semuanya dipakai dalam bentuk Verb -ing. Baik dalam bentuk Continuous Tense ataupun Present Tense, tetapi apapun bentuk tenses yang dipakai kita sanggup mengetahui Verb -ing dalam pola kalimat di atas juga berfungsi sebagai Gerund alasannya yaitu kata kerja tersebut merupakan Action Verb yang ditambah akhiran -ing.

Penjelasan dari pola kalimat diatas yaitu sebagai berikut:

Misal kita bahas salah satunya, kita ambil pola kalimat yang pertama.
kalimat "I love swimming in the river." 
kata "swimming" dari kalimat tersebut sanggup dengan gampang kita pahami bahwa kata tersebut merupakan gerund, alasannya yaitu posisnya berada di object kalimat, dan setiap kata yang ditempatkan di posisi object harus kata benda (noun). Sehingga kata swim harus ditambahkan akhiran -ing semoga menjadi seperti kata benda atau istilah lainnya yaitu gerund.

Beda halnya dengan pola kalimat yang kedua "I am swimming in the river."
Berberapa dari kita mungkin berfikir kata "swimming" dari kalimat tersebut merupakan bentuk Verb-ing dari tenses yang dipakai yaitu Present Contiunous Tense. Tapi selain sebagai Verb-ing Continuous Tense, verb-ing tersebut juga berperan sebagai gerund.

Mengapa demikian? Karena apabila kita bagi bagian-bagian dari kalimat tersebut maka bagiannya akan menjadi:

I = Subject
am = Predicate
swimming = Object

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu fungsi gerund yaitu sebagai object dari kalimat, dan kata "swimming" pada pola kalimat di atas juga berada pada posisi object.

Makara apabila kita menyampaikan kata "swimming" pada pola kedua di atas merupakan Verb-ing dari bentuk Continuous Tense itu yaitu benar.
Dan apabila kita juga menyampaikan bahwa kata "swimming" tersebut juga merupakan sebagai gerund, maka itu juga benar kalau kita mengacu pada hukum elemen kalimat Subject + Predicate + Object.

Artike terkait: Sentence Elements

Kesimpulannya yaitu Action Verb / Kata kerja aktif apabila ditambahkan akhiran -ing maka kata kerja tersebut sanggup berfungsi sebagai Gerund.



Sedangkan Verb (kata kerja) yang apabila ditambahkan akhiran -ing menjadi Adjective (kata sifat) yaitu jenis kata kerja statif / Stative Verb.
Stative Verb yaitu kata kerja yang mempunyai makna yang menandakan kondisi atau keadaan daripada sebuah tindakan.

Contoh:

Promise, see, think, understand, wish, sound, look, love, adore, deserve, doubt, know, lack, hear, concern, surprise, mean, owe, own, satisfy, smell, etc.

Contoh dalam bentuk kalimat:

Promise (Berjanji)

I promise my mom to take care of my little brother.
(Aku berjanji pada ibuku untuk menjaga adikku)

Online business seems promising.
(Bisnis oline terlihat menjanjikan)

Kata promise pada kalimat pertama merupakan bentuk kata kerja / Verb, sedangkan kata "promising" dari pola kalimat tersebut merupakan Adjective.

Meskipun asal kata "promising" yaitu "promise", dan promise sendiri yaitu kata kerja, tapi sehabis ditambahkan akhiran -ing, kata kerja tersebut tidak menjadi gerund sekalipun ditempatkan di posisi object.

Hal tersebut cukup membuktikan bahwa apabila kata kerja statif / Stative Verb ditambahkan akhiran -ing maka fungsinya menjadi Adjective / kata sifat.


Perhatikan pola kalimat lainnya:

Sruprise (Mengejutkan)

Darren surprises his sister with an expensive birthday gift.
(Darren mengejutkan adik perempuannya dengan sebuah hadiah ulang tahun mahal)

The news was surprising.
(Beritanya dulu mengejutkan)


Satisfy (Puas)

They satisfied me with their epic performance.
(Mereka memuaskan ku dengan penampilan mereka yang menakjubkan)

Their performance was satisfying.
(Penampilan mereka memuaskan)


Sama halnya ibarat pola sebelumnya, kedua pola di atas juga menandakan kata "surprise" dan "satisfy" yang tadinya kata kerja (verb) berkembang menjadi kata sifat (adjective) sehabis ditambahkan akhiran -ing meskipun kata "surprising" dan "satisfying" ditempatkan pada posisi object.



Dari klarifikasi singkat di atas kita sanggup menyimpulkan bahwa kata kerja aktif / Action verb apabila ditambahkan akhiran -ing, maka kata kerja tersebut menjadi Gerund.
Sedangkan apabila kata kerja statif / Stative verb ditambahkan akhiran -ing, maka kata kerja tersebut menjadi Adjective.


Artikel terkait: Jenis-jenis Verb


Sekian klarifikasi wacana perbedaan Verb -ing Gerund dengan Verb -ing Adjective, mohon maaf atas segala kekurangan.

Semoga bermanfaat dan sanggup dipahami.